Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 3 (2025)

Pengaruh Penggunaan Media Sway terhadap Minat dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VI di MI Yapit Paranakeng Gowa

Sinta, Priti (Unknown)
Haniah, Haniah (Unknown)
Chalik, Sitti Aisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) minat belajar bahasa Arab siswa kelas VI sebelum penggunaan media Sway, (2) minat belajar setelah penggunaan media Sway, (3) hasil belajar sebelum penggunaan media Sway, (4) hasil belajar setelah penggunaan media Sway, dan (5) pengaruh media Sway terhadap minat dan hasil belajar siswa di MI Yapit Paranakeng Gowa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design) dan melibatkan 18 siswa yang dipilih melalui teknik non-probability sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial (uji t, uji F, dan uji hipotesis) dengan bantuan SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan: (1) sebelum penggunaan media Sway, rata-rata minat belajar siswa sebesar 20,50 (SD = 2,771) dengan 84% siswa pada kategori rendah; (2) setelah penggunaan media Sway, rata-rata minat belajar meningkat menjadi 35,39 (SD = 3,852) dengan 55% siswa pada kategori tinggi; (3) sebelum penggunaan media Sway, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 54,72 (SD = 9,467) dengan 61% siswa pada kategori sedang; (4) setelah penggunaan media Sway, rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 71,94 (SD = 9,097) dengan 83% siswa pada kategori tinggi. Uji Paired Sample Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), sehingga hipotesis alternatif diterima. Hal ini membuktikan adanya perbedaan signifikan pada minat dan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media Sway. Dengan demikian, media Sway terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...