Perkembangan zaman yang semakin dinamis menuntut generasi muda memiliki fondasi karakter yang kuat, khususnya di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi pendidikan akidah dalam membentuk karakter remaja muslim dengan menelaah strategi internalisasi nilai, tantangan implementasi, serta efektivitas metode pembelajaran yang digunakan di lembaga pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan santri kelas 3 Ulya, guru agama, orang tua, dan tokoh masyarakat di Madrasah Diniyah An-Nur Malang. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akidah berperan signifikan dalam membentuk kesadaran spiritual, menguatkan kecerdasan emosional, dan mendorong perilaku moral positif pada remaja. Internalisasi nilai tauhid, muraqabah, dan iman kepada hari akhir membangun integritas pribadi serta memperkuat kesadaran sosial. Selain itu, pembelajaran akidah yang inovatif dan kontekstual melalui experiential learning, gamifikasi, dan integrasi teknologi digital meningkatkan efektivitas internalisasi nilai
Copyrights © 2025