Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Parent Autonomy Support dengan School Engagement pada Siswa SD X Kota Padang

Dina, Nur Aulia (Unknown)
Kurniawan, Harri (Unknown)
Mutya, Mita Fani Tri (Unknown)
Muliati, Riska (Unknown)
Natura, Belly (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Parent Autonomy Support dengan School Engagement pada Siswa SD X. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Parent Autonomy Support dan variable terikat adalah School Engagement. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Parent Autonomy Support dan School Engagement. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling / samping jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang Siswa SD X. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Indeks daya beda aitem pada skala Parent Autonomy Support bergerak dari rix= 0, 354 sampai dengan rix= 0,754 dengan koefisien reliabilitas sebesar α= 0,929 sedangkan pada skala School Engagement bergerak dari rix= 0, 304 sampai dengan rix= 0, 730 dengan koefisien reliabilitas sebesar α= 0, 876. Berdasarkan analisis data, dapat di simpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Parent Autonomy Support dengan School Engagemen, dengan nilai korelasi (r) 0, 696 dengan taraf signifikan 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif yang signifikan antara Parent Autonomy Support dengan School Engagement pada siswa SD X.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...