Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Parent Autonomy Support dengan School Engagement pada Siswa SD X. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Parent Autonomy Support dan variable terikat adalah School Engagement. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Parent Autonomy Support dan School Engagement. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling / samping jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang Siswa SD X. Uji validitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alpha Cronbach. Indeks daya beda aitem pada skala Parent Autonomy Support bergerak dari rix= 0, 354 sampai dengan rix= 0,754 dengan koefisien reliabilitas sebesar α= 0,929 sedangkan pada skala School Engagement bergerak dari rix= 0, 304 sampai dengan rix= 0, 730 dengan koefisien reliabilitas sebesar α= 0, 876. Berdasarkan analisis data, dapat di simpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Parent Autonomy Support dengan School Engagemen, dengan nilai korelasi (r) 0, 696 dengan taraf signifikan 0,000 yang berarti hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif yang signifikan antara Parent Autonomy Support dengan School Engagement pada siswa SD X.
Copyrights © 2025