Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Eksplorasi Kreativitas Guru dalam Merancang Pembelajaran Interaktif di Alam Terbuka

Nurhayati, Nurhayati (Unknown)
Putri, Willa (Unknown)
Alviani, Alviani (Unknown)
Dewi, Mirna Wati (Unknown)
Awalia, Rima (Unknown)
Lestari, Rini Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kreativitas guru dalam merancang pembelajaran interaktif di alam terbuka di SDIT Al Ahyar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Subjek penelitian adalah guru kelas yang telah melaksanakan pembelajaran di luar kelas. Analisis tematik digunakan untuk mengungkap bentuk kreativitas guru, alasan pemilihan metode, serta tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menampilkan kreativitas dalam perencanaan pembelajaran, pemanfaatan media dari alam maupun media buatan sendiri (seperti worksheet dan kertas ilustrasi), pemilihan tema yang relevan dengan lingkungan, serta penyusunan kegiatan yang mendorong partisipasi aktif siswa. Kreativitas ini muncul sebagai respon terhadap kebutuhan siswa akan pembelajaran yang kontekstual, menyenangkan, dan bermakna. Kesimpulannya, kreativitas guru menjadi faktor penting dalam menciptakan pembelajaran interaktif di luar ruangan yang tidak hanya memberikan pengalaman belajar menyenangkan, tetapi juga menumbuhkan rasa ingin tahu, keterlibatan aktif, dan pemahaman siswa melalui pendekatan berbasis lingkungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...