Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi kreativitas guru dalam merancang pembelajaran interaktif di alam terbuka di SDIT Al Ahyar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Subjek penelitian adalah guru kelas yang telah melaksanakan pembelajaran di luar kelas. Analisis tematik digunakan untuk mengungkap bentuk kreativitas guru, alasan pemilihan metode, serta tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menampilkan kreativitas dalam perencanaan pembelajaran, pemanfaatan media dari alam maupun media buatan sendiri (seperti worksheet dan kertas ilustrasi), pemilihan tema yang relevan dengan lingkungan, serta penyusunan kegiatan yang mendorong partisipasi aktif siswa. Kreativitas ini muncul sebagai respon terhadap kebutuhan siswa akan pembelajaran yang kontekstual, menyenangkan, dan bermakna. Kesimpulannya, kreativitas guru menjadi faktor penting dalam menciptakan pembelajaran interaktif di luar ruangan yang tidak hanya memberikan pengalaman belajar menyenangkan, tetapi juga menumbuhkan rasa ingin tahu, keterlibatan aktif, dan pemahaman siswa melalui pendekatan berbasis lingkungan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025