Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Penerapan Model STEM Menggunakan Virtual Reality pada Pembelajaran Gelombang Elektromagnetik

Wawan Purnama (Unknown)
Sri Wulan (Unknown)
Mohammad Sabarudin (Unknown)
Supiana (Unknown)
Qiqi Yuliati Zaqiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji respon siswa terhadap penggunaan media Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran Gelombang Elektromagnetik pada siswa SMAN 1 Soreang angkatan 2024/2025. Metode penelitian menggunakan kuesioner yang mengukur tiga aspek utama yaitu kemudahan penggunaan, efektivitas pembelajaran, serta minat dan motivasi belajar terhadap media VR. Data dari 36 responden menunjukkan bahwa meskipun terdapat kendala awal dalam penggunaan aplikasi VR, sebagian besar siswa menyatakan bahwa media ini memudahkan pemahaman konsep gelombang elektromagnetik melalui visualisasi interaktif dan pengalaman belajar yang lebih imersif. Hasil juga mengindikasikan peningkatan minat dan motivasi belajar, serta rasa percaya diri siswa dalam menguasai materi. Namun, keterbatasan literasi digital dan dukungan teknis menjadi tantangan yang perlu diperhatikan dalam implementasi VR secara lebih luas. Penelitian ini merekomendasikan integrasi VR dengan metode pembelajaran yang mendukung serta peningkatan pelatihan dan infrastruktur agar media VR dapat memberikan manfaat optimal dalam pembelajaran sains.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...