Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh fasilitas dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (2) pengaruh fasilitas terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian dilakukan pada Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Depok yaitu, MTs TiQ An-Nizhomiyah dan MTs Irsyadul Athfal yang sama-sama berada di Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan strategi survei. Populasi penelitian ini berjumlah 706 siswa dengan sampel berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan analisis data yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda yang dibantu dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22. Dalam mengambil data untuk penelitian ini menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini yaitu, (1) terdapat pengaruh fasilitas dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (2) terdapat pengaruh fasilitas terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, (3) terdapat pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.
Copyrights © 2025