Economica Didactica
Vol 6, No 1 (2025): Economica Didactica, 28 April 2025

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Di Upt Perpustakaan Universitas Syiah Kula

Budiman, Raihani (Unknown)
Idris, Amrusi (Unknown)
Hikmah, Nadiatul (Unknown)
Fuadi jaya, Alfi Syahril (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2025

Abstract

Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Syiah Kuala merupakan perpustakaan yang menyediakan sarana untuk pemustaka. Satu unit yang bertanggung jawab atas operasi pengelolaan, dan pelayanan perpustakaan di lembaga pendidikan, seperti universitas. Dengan menawarkan kualitas pelayanan yang baik maka akan meningkatkan kepuasan mahasiswa untuk berkunjung ke Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala berjumlah 3,154 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakn adalah regresi linear sederhana dengan menguji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan uji regresi diperoleh Y = 8,761 + 0,802X. Hasil uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikan 0,05 yaitu thitung lebih besar dari ttabel (8,761 1,665). Koefisien determinasi (R) sebesar 44,7%yang menunjukkan variabel kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan mahasiswa di UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Sedangkan hasil selebihnya 55,3% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JED

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Economica Didactica offers original articles on teaching economics. In its pages, leading scholars evaluate innovations in teaching techniques, materials, and programs. Instructors of introductory through graduate level economics will find the journal an indispensable resource for ...