Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Syiah Kuala merupakan perpustakaan yang menyediakan sarana untuk pemustaka. Satu unit yang bertanggung jawab atas operasi pengelolaan, dan pelayanan perpustakaan di lembaga pendidikan, seperti universitas. Dengan menawarkan kualitas pelayanan yang baik maka akan meningkatkan kepuasan mahasiswa untuk berkunjung ke Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala berjumlah 3,154 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakn adalah regresi linear sederhana dengan menguji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan uji regresi diperoleh Y = 8,761 + 0,802X. Hasil uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikan 0,05 yaitu thitung lebih besar dari ttabel (8,761 1,665). Koefisien determinasi (R) sebesar 44,7%yang menunjukkan variabel kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan mahasiswa di UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Sedangkan hasil selebihnya 55,3% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.
Copyrights © 2025