EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Vol 7 No 1 (2025): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling

Pembinaan Karakter Siswa Melalui Program Literasi Al-Qur’an di MI Muhammadiyah Malua Kabupaten Enrekang

Hairul, Hairul (Unknown)
Kairawan, Kairawan (Unknown)
Sulaiman, Fitriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program literasi Al-Qur'an di MI Muhammadiyah Malua dalam membina karakter relegius siswa. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan literasi AlQur'an di MI Muhammadiyah Malua dalam membina karakter relegius siswa.3) Untuk mendeskripsikan implikasi dari literasi Al-Qur'an di MI Muhammadiyah Malua dalam membina karakter relegius siswa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan program literasi Al-Qur'an di MI Muhammadiyah Malua yakni, kepala sekolah bersama para guru menentukan tujuan literasi Al-Qur'an, menentukan metode yang akan digunakan, dan media yang akan digunakan. 2) Pelaksanaan program literasi Al-Qur'an di MI Muhammadiyah Malua yakni, dimulai pada 10 menit sebelum pelajaran dimulai oleh para guru yang mengajar di kelas pada hari Senin sampai Jum’at, dan melaksanakan program tahfidz Al-Qur’an Jumat sore sampai Sabtu pagi dengan menggunakan Al-Qur'an sebagai media dan menggunakan metode pengelompokkan, tutor sebaya, dan dengan metode Privat. 3) implikasi program literasi Al-Qur'an dalam pembinaan karakter relegius siswa di MI Muhammadiyah Malua yakni, siswa menjadi lebih lancar dalam membaca Al-Qur'an dan karakter siswa menjadi lebih baik seperti, siswa lebih berakhlakul karimah terhadap guru dan teman-temannya, lebih amanah dalam menjalankan tanggung jawab yang diberikan, lebih jujur, dan menjadi lebih disiplin, serta lingkungan sekolah menjadi lebih kondusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Edupsycouns

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edupsycouns: Education, Psychology and Counseling, adalah jurnal ilmiah Open Access yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Bimbingan dan Konseling APSBKPTM, dan Asosiasi Bimbingan dan Konseling ...