Ta'dib
Vol. 14 No. 1 (2024): Maret 2024

Analisis Minat Belajar Siswa Berbantuan Geogebra Pada Materi Garis Singgung Persekutuan Lingkaran di SMP Negeri 3 Binjai

Nasution, Siti Suaibah (Unknown)
Saputri, Lilis (Unknown)
Hilliyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara khusus yaitu; (a) Minat belajar siswa dalam menggunakan Geogebra pada materi garis singgung persekutuan lingkaran dan (b) Efektivitas pembelajaran matematika siswa dalam menggunakan Geogebra pada materi garis singgung persekutuan lingkaran. Metode dalam penelitian ini yang digunakan adalah pendekakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah keseluruhan siswa kelas VIII pada SMP Negeri 3 Binjai. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII-1 yang terdiri dari 22 orang siswa pada SMP Negeri 3 Binjai. Instrumen non tes yang digunakan ialah kuisioner (angket). Hasil analisis dalam penelitian ini adalah; (a) Adanya minat belajar siswa dalam penggunaan Geogebra pada materi garis singgung persekutuan lingkaran dilihat dari rekapitulasi penilaian angket diperoleh nilai rata-rata persentase tertinggi yaitu sebesar 51,37% pada skala kategori “Setuju” dan (b) Adanya efektivitas pembelajaran matematika siswa dalam penggunaan Geogebra pada materi garis singgung persekutuan lingkaran dilihat dari perolehan nilai rata-rata persentase tertinggi dari salah satu penyataan pada indikator yaitu sebesar 90,9% pada skala kategori “Setuju”. Hal ini menunjukkan bahwa: (a) terdapat minat belajar siswa pada materi garis singgung persekutuan lingkaran menggunakan Geogebra di SMP Negeri 3 Binja, dan (b) terdapat keefektivan menggunakan Geogebra pada kegiatan pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tdb

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

TADIB: Jurnal Pemikiran Pendidikan adalah jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang diterbitkan oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-IAIN Takengon). Tadib menyediakan platform yang menyambut baik makalah penelitian empiris orisinal tentang Jurnal Pemikiran Pendidikan yang ditulis ...