Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas Inklusi: Studi Kasus di Habibie School Pekanbaru

Andalussia, Indah Faramitha (Unknown)
S, Ayu Purnamasari (Unknown)
Ramadhan, Syahri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Setiap peserta didik memiliki kebutuhan, minat, dan kemampuan belajar yang berbeda, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus yang belajar bersama dalam satu kelas. Kelas inklusi menuntut pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan responsif terhadap keragaman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas inklusi di Habibie School Pekanbaru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teori utama yang mendasari penelitian ini adalah teori diferensiasi pembelajaran dari Carol Ann Tomlinson dan teori multiple intelligences dari Howard Gardner. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Subjek peneliti adalah kepala sekolah, 2 orang guru, 2 orang siswa, 1 orang wali murid danĀ  1 orang guru non-akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di kelas inklusi Habibie School telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam aspek konten, proses, dan produk, yang disesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar setiap siswa, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. Implementasi strategi ini berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, baik dari sisi akademik maupun perkembangan sosial-emosional. Adapun faktor yang mempengaruhi yaitu kompetensi guru, keberagaman profil siswa, sarana prasarana sekolah, dukungan orang tua dan kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas inklusi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...