Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Penerapan Bimbingan Kelompok Metode Homeroom Untuk Meningkatkan Pemahaman Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi

Irinericy, Rani (Unknown)
Herianti, Herianti (Unknown)
Musdalifa, Musdalifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Latar Belakang : Remaja adalah kelompok usia yang rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, terutama kesehatan reproduksi. Ini adalah masa transisi penting dalam perubahan fisik dan emosi. Tidak memahami kesehatan reproduksi remaja dapat menyebabkan perilaku beresiko, pernikahan dini, dan masalah kesehatan. Maka diperlukan pendekatan edukasi yang efektif, salah satunya melalui bimbingan kelompok metode homeroom yang bersifat partisipatif dan membangun interaksi yang positif. Tujuan: Mengetahui efektivitas penerapan bimbingan metode homeroom untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang kesehatan reproduksi remaja. Metode: Penelitian ini menggunakan desain quaisi eksperimen dengan pendekatan pre-test dan post-test one group design. Jenis data Primer dan Populasi berjumlah 150 orang kelas X dan XI. Sampel dengan Tehnik Random Sampling yaitu 60 orang. Tekhnik analisis data dilakukan secara deskriptif dan Analitik dengan bantuan perangkat lunak SPSS 25. Analisis data deskriptif digunakan untuk melihat distribusi data pretest – posttest kelompok intervensi dan kontrol. Sedangkan Analisis data Analitik menggunakan Uji t Dua Sampel Berpasangan (Paired Sample t Test) dengan nilai signifikan Pvalue < 0,05. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa penerapan metode homeroom dalam bimbingan kelompok secara signifikan meningkatkan pemahaman remaja mengenai kesehatan reproduksi. Nilai Pvalue 0,038 < 0,05. Hal ini menegaskan bahwa peningkatan skor tidak terjadi secara kebetulan melainkan benar – benar terkait dengan intervensi metode homeroom. Kesimpulan: Bimbingan kelompok metode homeroom efektif sebagai strategi edukasi untuk meningkatkan pemahaman remaja terkait kesehatan reproduksi. Disarankan penerapan secara rutin di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya, serta penelitian lanjutan dengan desain kontrol yang lebih kuat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...