Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health
Vol 4, No 2 (2025): September 2025

Pengembangan Jurnal Membaca Berbasis Kearifan Lokal Serang Untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Di Kelas IV

Jenetta, Laura (Unknown)
Yuliana, Rina (Unknown)
Hatima, Yoma (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Jurnal membaca merupakan sebuah media yang dapat digunakan peserta didik dalam meningkatkan pemahaman bacaan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan, peningkatan, dan kelayakan media jurnal membaca berbasis kearifan lokal Serang. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Develpoment (RD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, De-velop, Implement, and Evaluate). Teknik keabsahan data menggunakan Uji ke-layakan oleh validasi ahli bahasa, materi, dan media, uji coba produk untuk mendapatkan respon peserta didik, dan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan pemahaman bacaan peserta didik melalui soal pretest dan posttest. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu uji kelayakan memperoleh rata-rata sebesar 84,18% dengan kategori “Sangat Layak”. Respon peserta didik sebanyak 41 peserta didik mendapatkan rata-rata skor sebanyak 93% mengindikasikan bahwa media jurnal membaca berbasis kearifan lokal Serang diterima dengan sangat baik oleh peserta didik. Lalu pada uji N-gain menunjukkan adanya peningkatan pemahaan bacaan peserta didik sebesar 76% dengan kategori “Tinggi”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jetish

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Neuroscience Nursing Public Health

Description

JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health is published twice a year: March and September. E-ISSN: 2964-2507 (Elektronik) P-ISSN: 2964-819X (Cetak) Editor In Chief: T. Heru Nurgiansah, M.Pd DOI: 10.57235 Publisher: CV. Rayyan Dwi Bharata 1. Education 2. ...