UPEJ : Unnes Physics Education Journal
Vol. 14 No. 2 (2025)

Pengembangan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning  Berbantuan Aplikasi Thunkable untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik

Maya Anggaraini, Maya Anggaraini (Unknown)
I Wayan Distrik, I Wayan Distrik (Unknown)
Abdurrahman, Abdurrahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis Problem Based Learning  (PBL) berbantuan aplikasi Thunkable pada materi suhu dan kalor guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Design and Development Research (DDR) yang terdiri dari empat tahap, yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Pada tahap pengembangan, dilakukan pembuatan produk serta serangkaian uji kelayakan, meliputi uji validasi ahli, uji kepraktisan, dan uji Efektivitas. Uji validasi ahli menunjukkan hasil sebesar 92% dengan kategori sangat valid. Uji responss peserta didik memperoleh persentase 77% dengan kategori baik, sedangkan uji persepsi guru menghasilkan persentase 89% dengan kategori sangat baik. Uji efektivitas dilakukan melalui analisis N-Gain dan uji hipotesis menggunakan Paired sample-t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 dengan taraf kepercayaan 95%, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan e-LKPD berbasis PBL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan nilai 0,65 dengan peningkatan sebesar 39%, yang mengindikasikan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan setelah diberikan treatment. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan efektivitas, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berbasis Problem Based Learning berbantuan aplikasi Thunkable ini layak digunakan dalam pembelajaran suhu dan kalor di sekolah serta efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...