UPEJ : Unnes Physics Education Journal
Vol. 14 No. 2 (2025)

Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Authentic Learning Konteks Lahan Basah pada Materi Hukum Archimedes

Lasiani (Unknown)
Isnaini Agus Setiono (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Fisika sering dianggap sebagai subjek yang abstrak, sehingga memerlukan media pembelajaran inovatif yang dapat mengkonkretkan konsep dengan lingkungan sekitar mahasiswa. E-modul berbasis authentic learning konteks lahan basah merupakan salah satu media inovatif yang valid untuk digunakan namun perlu diuji efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul berbasis authentic learning dengan konteks lahan basah pada materi Hukum Archimedes terhadap hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pra-eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest dengan subjek penelitian sebanyak 32 mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Lambung Mangkurat. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pemahaman konsep adalah tes esai (pretest dan posttest), serta angket respons mahasiswa untuk mengetahui tanggapan mereka terhadap e-modul. E-modul yang digunakan dikembangkan sendiri oleh peneliti dan telah divalidasi. Teknik analisis data untuk mengukur peningkatan hasil belajar adalah uji N-Gain. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar ditunjukkan oleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,75 yang tergolong dalam kategori “tinggi”. Selain itu, hasil angket respons mahasiswa menunjukkan tanggapan yang sangat positif, dengan rata-rata persentase sebesar 86% mahasiswa menyatakan bahwa e-modul menarik, mudah digunakan, dan konteks lahan basah sangat membantu dalam memahami konsep Hukum Archimedes. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis authentic learning konteks lahan basah efektif digunakan dalam perkuliahan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi Hukum Archimedes.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

upej

Publisher

Subject

Physics

Description

Unnes Physics Education Journal aims to publish results of empirical studies, theoretical studies, and conceptual analysis in the fields of education phylosophy and theory, physics education, development of physics learning instruments, physics learning media, experiments activity development in the ...