Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media jam sudut dan yang tidak menggunakan media jam sudut, untuk menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik yang pengetahuan awal matematikanya dengan kemampuan tinggi dan rendah dan juga untuk menganalisis interaksi antara media jam sudut dan kemampuan awal siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam peneitian ini adalah siswa kelas 4 di kecamatan Alang-Alang Lebar. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik purpusive yaitu kelas IV di SDN 238 sebagai kelas kontrol dan kelas IV SDN 242 sebagai kelas ekperimen. Teknik analisis menggunakan teknik anova 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media jam sudut lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang belajar tidak menggunakan jam sudut, hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal dengan kemampuan tinggi dengan hasil belajar matematika siswa yang pengetahuan awal dengan kemampuan rendah.
Copyrights © 2025