Instructional Development Journal
Vol 8, No 2 (2025): IDJ

Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pembelajaran dengan Media Jam Sudut pada Materi Pengukuran Sudut Ditinjau dari Pengetahuan Awal Peserta Didik Kelas IV SD Negeri di Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang

Marianita, Marianita (Unknown)
Siroj, Rusdy A (Unknown)
Santoso, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media jam sudut dan yang tidak menggunakan media jam sudut, untuk menganalisis perbedaan hasil belajar peserta didik yang pengetahuan awal matematikanya dengan kemampuan tinggi dan rendah dan juga untuk menganalisis interaksi antara media jam sudut dan kemampuan awal siswa. Jenis  penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi dalam peneitian ini adalah siswa kelas 4 di kecamatan Alang-Alang Lebar. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik purpusive yaitu kelas IV di SDN 238  sebagai kelas kontrol dan kelas IV SDN 242 sebagai kelas ekperimen. Teknik analisis menggunakan teknik anova 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media  jam sudut lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang belajar tidak menggunakan jam sudut,  hasil belajar siswa yang memiliki pengetahuan awal dengan kemampuan tinggi dengan hasil belajar matematika siswa yang pengetahuan awal dengan kemampuan rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...