Instructional Development Journal
Vol 8, No 2 (2025): IDJ

Relevansi Akhlak Imam Al-Ghazali dalam Pembentukan Karakter Siswa Generasi Z di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap

Darmawan, Adi Hidayat (Unknown)
Makhful, Makhful (Unknown)
Sriyanto, Sriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji relevansi pemikiran nilai-nilai akhlak Imam al-Ghazali dalam pembentukan karakter murid Generasi Z di SMP Islam Al Azhar 15 Cilacap. Fenomena melemahnya nilai karakter di kalangan remaja digital menjadi latar belakang utama studi ini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan teknik mengumpulkan data melalui wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Partisipan terdiri dari empat siswa kelas VIII–IX, dua guru Pendidikan Agama Islam, dan dua wali kelas yang dipilih secara purposive. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles & Huberman dengan fokus pada proses internalisasi dan makna pengalaman subjek. Hasil penelitian menunjukkan tiga tema utama: (1) internalisasi nilai-nilai akhlak seperti kejujuran, kesabaran, dan tanggung jawab melalui pembelajaran reflektif; (2) peran sentral keteladanan guru dalam menanamkan nilai-nilai moral; dan (3) tantangan psikososial generasi Z seperti rendahnya pengendalian diri dan ketergantungan digital. Temuan ini memperkuat relevansi pemikiran akhlak al-Ghazali dalam konteks pendidikan kontemporer dan menegaskan pentingnya pendekatan spiritual dan afektif dalam pembentukan karakter. Implikasi penelitian meliputi pengembangan kurikulum berbasis nilai sufistik serta perlunya pelatihan guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai tersebut secara kontekstual. Penelitian ini juga merekomendasikan studi lanjut dengan cakupan lebih luas dan pendekatan longitudinal.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...