ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7 No 2 (2025): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 1 AMBON

Sameaputty, Cheriwil (Unknown)
Sasabone, Carolina (Unknown)
Somelok, Grace (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah model pembelajaran yang kooperatif terpadu yang dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan pemikiran, menganalisis serta mengevaluasi terhadap materi yang disampaikan. Metode penelitian kuantitatif eksperimen, proses penelitian didapatkan melalui teknik penghimpun data yang meliputi observasi, wawancara, proses pembelajaran, kuesioner dan dokumentasi. Observasi dimanfaatkan peneliti guna mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru mata pelajaran dan peserta didik kelas VIII. Wawancara guru untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik. Proses pembelajaran diartikan sebagai tahap lanjutan yang dilakukan oleh peneliti untuk menerapkan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Kuesioner digunakan untuk mengetahui minat peserta didik dalam mempelajari materi membaca teks berita. Dokumentasi proses pengambilan foto untuk dijadikan sebagai data penelitian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

arbitrer

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian ...