Perkembangan aktivitas masyarakat yang tinggi di kawasan Gedebage dilengkapi dengan fasilitas publik strategis seperti masjid ikonik Al-Jabbar, stadion berkapasitas besar Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dan stasiun kereta Cimekar regional yang mendukung konektivitas menciptakan tantangan signifikan dalam pengelolaan fasilitas parkir dan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data survei lapangan dan membangun model demand transportasi terpadu untuk mengoptimalkan kapasitas parkir di ketiga lokasi tersebut. Metode yang digunakan mencakup survei primer (jumlah kendaraan, durasi parkir dan asal- tujuan perjalanan) dan penerapan model empat tahap (trip generation, trip distribution, mode choice dan route assignment). Hasil analisis menunjukkan bahwa lonjakan volume kendaraan terjadi pada waktu-waktu puncak, seperti hari besar keagamaan, pertandingan sepak bola dan jam sibuk kerja. Model simulasi yang dibangun berhasil memproyeksikan kebutuhan parkir dan distribusi moda transportasi secara dinamis. Berdasarkan temuan ini, penelitian merekomendasikan strategi manajemen parkir berbasis zonasi dan integrasi moda transportasi. Studi ini diharapkan menjadi dasar perencanaan transportasi kawasan yang berkelanjutan dan efisien, khususnya untuk fasilitas umum dengan kepadatan aktivitas tinggi.
Copyrights © 2025