Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 3 (2025): July, Social Studies, Educational Research and Humanities Research.

Pengaruh Kesadaran Merek terhadap Loyalitas Merek (Studi Kasus Merek Kopi Kapal Api)

Basuki, Basuki (Unknown)
Yuliana, Lingga (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek terhadap loyalitas merek, dengan Kopi Kapal Api sebagai studi kasus. Latar belakang penelitian ini didorong oleh persaingan ketat di industri kopi Indonesia, di mana Kapal Api sebagai merek mapan menghadapi gempuran merek "kekinian". Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 192 responden di Pulau Jawa yang dipilih melalui purposive sampling. Data primer dikumpulkan dengan kuesioner berskala Likert yang disebarkan melalui Google Forms. Analisis data dilakukan dengan Partial Least Squares (PLS) menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas merek (=0.609; p=0.000), membuktikan bahwa kesadaran merek yang kuat, yang dibangun melalui strategi pemasaran efektif seperti slogan "Jelas Lebih Enak", berperan penting dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Temuan ini menegaskan pentingnya pengelolaan merek untuk menjaga posisi pasar di tengah persaingan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...