Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 3 (2025): July, Social Studies, Educational Research and Humanities Research.

Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Sekolah Dasar Manokwari

Bachmid, Mardiah (Unknown)
Nur, Indria (Unknown)
Hasbullah, Hasbullah (Unknown)
Rasyidd, Muhammad Rusdi (Unknown)
Sunatar, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama; menganalisis strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan pendidikan Islam di empat sekolah dasar Manokwari, kedua; menganalisis faktor penghambat kepemimpinan dalam pengembangan pendidikan islam di Sekolah Dasar Manokwari. Ketiga; menganalisis hasil yang telah dicapai dari Pengembangan pendidikan Islam di Sekolah Dasar Manokwari. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Pendekatan Penelitian adalah kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sekunder. teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama; Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Kepala sekolah menjalankan peran kepemimpinan dengan pendekatan yang berfokus pada nilai-nilai Islam, yang ditunjukkan melalui keteladanan, fasilitasi kegiatan keislaman, dan integrasi nilai-nilai Islam dalam budaya sekolah. Strategi yang digunakan mencakup pembiasaan ibadah, penguatan program tahfiz, serta pelibatan orang tua dalam pembinaan karakter Islami siswa. Kedua; Faktor Penghambat Pengembangan pendidikan Islam masih menghadapi kendala seperti keterbatasan guru, kurangnya dukungan dari lingkungan rumah, serta pengaruh negatif media dan pergaulan luar. Namun demikian, upaya kolektif dari kepala sekolah, guru, dan orang tua telah menjadi faktor pendorong dalam mengatasi tantangan tersebut. Ketiga; Hasil Pengembangan Pendidikan Islam Program pendidikan Islam di sekolah dasar telah memberikan dampak nyata terhadap perilaku dan kesadaran keislaman siswa. Siswa menunjukkan peningkatan dalam ibadah, akhlak, kedisiplinan, dan tanggung jawab. Nilai-nilai Islami juga terbawa ke lingkungan rumah dan menjadi kebiasaan positif dalam kehidupan sehari-hari. Impilikasi dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada Kepala sekolah, agar terus meningkatkan peran kepemimpinan yang tidak hanya administratif tetapi juga sebagai teladan dalam menanamkan nilai-nilai Islam melalui pembiasaan, pengarahan, dan komunikasi persuasif kepada guru, siswa, dan warga sekolah lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...