Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang integrasi pembelajaran Bahasa Arab melalui buku Silsilah Ta’lim al-Lugah dan Al-Arabiyah Bayna Yadaika (ABY). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif diawali dengan sebuah upaya eksplorasi melalui observasi terhadap berbagai realitas sistem pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar dalam penggunaan buku Silsilah dan ABY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan di Ma’had Al-Birr adalah lebih kepada metode langsung (al-tariqah al-mubasyarah). Penerapan metode ini menganut prinsip pembelajaran bahasa Arab secara langsung tanpa menggunakan bahasa kedua (bahasa perantara atau bahasa ibu) sebagai bahasa pengantar dan itulah yang menjadi keunggulan dan ciri khas Ma’had dalam sistem pembelajarannya. Sedang integrasi kitab silsilah dan ABY dalam pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Al-Birr mampu memadukan antara keahlian berbahasa dan unsur-unsurnya; memberikan perhatian pada sistem suara dalam bahasa Arab; memperhatikan proses tadarruj (bertahap) dalam menyampaikan materi pelajaran; memperhatikan perbedaan-perbedaan individu diantara para pelajar; menggunakan sistem unit pelajaran dalam menyampaikan materi; menampilkan setiap kosa kata dan ungkapan-ungkapan yang terdapat dalam setiap kitab; memanfaatkan berbagai pengalaman khusus dalam menyusun materi-materi khusus pelajaran bahasa Arab dan bahasa-bahasa lain; menampilkan nilai-nilai budaya dengan cara yang menarik serta menggunakan banyak gambar.
Copyrights © 2025