Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat berperan untuk menciptakan generasi muda, tentunya di era digital yang banyak persoalan akhlak dan sosial. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kebutuhan mendesak untuk mengoptimalkan pendidikan PAI agar dapat menjawab dinamika perkembangan teknologi sekaligus membangun generasi berkarakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ki Washid Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara kualitatif strategi optimalisasi pendidikan PAI dalam membentuk penerus yang memiliki integritas, tanggung jawab, dan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif lapangan, dengan sumber data utama terdiri dari pengajar, murid, dan wali murid. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan ialah deskriptif analitis untuk menggambarkan fenomena yang terjadi dan mengevaluasi penerapan strategi pendidikan PAI di era digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi pendidikan PAI di SDIT Ki Washid Cilegon dilakukan melalui integrasi teknologi digital dalam pembelajaran, penerapan program penguatan karakter berbasis nilai-nilai keislaman, dan keterlibatan aktif orang tua dalam proses pendidikan. Strategi ini terbukti efektif untuk menciptakan penerus berkarakter yang bukan hanya kompeten secara akademik namun mempunyai moralitas yang tinggi dalam menghadapi tantangan era digital.
Copyrights © 2025