Pendidikan akhlak memegang peran penting dalam membentuk kepribadian siswa yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki integritas moral yang tinggi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis akhlak terhadap pembentukan karakter siswa di SDN 012 Kepenuhan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui studi pustaka, wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis akhlak secara konsisten, baik pada kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, berdampak positif pada peningkatan kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, kesantunan, empati, dan prestasi akademik siswa. Temuan ini mengimplikasikan bahwa pembelajaran berbasis akhlak merupakan strategi efektif untuk membentuk generasi berkarakter kuat, berintegritas, dan selaras dengan nilai-nilai Islam dan moral universal
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025