QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2025): 2025

Strategi Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Agama Islam Kepada Siswa

Parwati (Unknown)
Yohana (Unknown)
Yuni Sahara (Unknown)
Muhammad, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Pendidikan Islam menghadapi tantangan besar di tengah arus globalisasi dan perkembangan teknologi digital yang menuntut adanya strategi kepemimpinan yang adaptif sekaligus berakar pada nilai-nilai tauhid. Penelitian ini berupaya merumuskan strategi kepemimpinan pendidikan Islam yang mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep agama Islam secara komprehensif. Dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus jamak, penelitian ini dilaksanakan pada sepuluh lembaga pendidikan Islam melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional menjadi kunci dalam membangun visi, memberi inspirasi, menumbuhkan stimulasi intelektual, memberikan perhatian individual, dan menghadirkan keteladanan yang berdampak pada penguatan budaya sekolah Islami. Penerapan kurikulum integratif berbasis tauhid terbukti menyatukan ilmu agama dan umum secara holistik serta menumbuhkan kesadaran spiritual siswa. Strategi pembelajaran kontekstual yang disertai pemberdayaan guru mampu memperkuat keterlibatan siswa dalam proses internalisasi nilai-nilai Islam secara nyata dan kolaboratif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...