Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk melihat bagaimana UMKM Keripik Tempe Sagu “Mba Zila” di Pekon Sri Rahayu menggunakan platform e-commers Shopee untuk meningkatkan pemasaran produk lokal. Metode deskriptif kulaitatif digunakan untuk menyelesaikan tugas melalui wawancara mendalam dengan pemilik dan observasi langsung di lokasi bisnis. Fokus utama kajian adalah bagaimana penggunaan Shopee dapat meningkatkan visitabilitas produk dan mendukung pengembangan usaha. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemanfaatan Shopee memungkinkan peningkatan volume penjualan dan jangkauan pemasaran yang sebelumnya terbatas pada penjualan langsung dan promosi dari mulut ke mulut. Produk yang awalnya hanya dikenal di lingkungan sekitar sekarang mulai menjangkau pelanggan dari luar daerah, membuka peluang untuk pengembangan pasar yang lebih luas. Namun, dalam kehidupan nyata, ada beberapa hambatan, seperti kurangnya pengetahuan digital bisnis, tingginya persaingan dengan produk sejenis, keterbatasan dalam membuat foto produk yang menarik, dan keterbatasan waktu untuk mengelola toko online. Secara keseluruhan, acara ini menujukkan bahwa Shopee memiliki potensi besar sebagai strategi pemasaran bagi UMKM untuk meningkatkan daya saing. Untuk mencapai hasil yang lebih optimal, diperlukan pendampingan berkelanjutan, peningkatan keterampilan digital, dan komitmen dalam pengelolaan bisnis online.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025