Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 3 No. 8 (2025): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Agustus

STRATEGI PEMASARAN UMKM KERIPIK TEMPE SAGU MBA ZILA MELALUI PEMANFAATAN SHOPEE DI PEKON SRI RAHAYU

Fanggie Hapsari (Unknown)
Syifa Ridhatul Jannah (Unknown)
Jeshinta Dwi Cahyani (Unknown)
Sri Utari (Unknown)
Tri Wuri Handayani (Unknown)
Windri Naila Cahya (Unknown)
Nanang Setiawan (Unknown)
M. Fajarrudin (Unknown)
Suryatul Aini Asyhara (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk melihat bagaimana UMKM Keripik Tempe Sagu “Mba Zila” di Pekon Sri Rahayu menggunakan platform e-commers Shopee untuk meningkatkan pemasaran produk lokal. Metode deskriptif kulaitatif digunakan untuk menyelesaikan tugas melalui wawancara mendalam dengan pemilik dan observasi langsung di lokasi bisnis. Fokus utama kajian adalah bagaimana penggunaan Shopee dapat meningkatkan visitabilitas produk dan mendukung pengembangan usaha. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemanfaatan Shopee memungkinkan peningkatan volume penjualan dan jangkauan pemasaran yang sebelumnya terbatas pada penjualan langsung dan promosi dari mulut ke mulut. Produk yang awalnya hanya dikenal di lingkungan sekitar sekarang mulai menjangkau pelanggan dari luar daerah, membuka peluang untuk pengembangan pasar yang lebih luas. Namun, dalam kehidupan nyata, ada beberapa hambatan, seperti kurangnya pengetahuan digital bisnis, tingginya persaingan dengan produk sejenis, keterbatasan dalam membuat foto produk yang menarik, dan keterbatasan waktu untuk mengelola toko online. Secara keseluruhan, acara ini menujukkan bahwa Shopee memiliki potensi besar sebagai strategi pemasaran bagi UMKM untuk meningkatkan daya saing. Untuk mencapai hasil yang lebih optimal, diperlukan pendampingan berkelanjutan, peningkatan keterampilan digital, dan komitmen dalam pengelolaan bisnis online.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...