PESHUM
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Upaya Meningkatkan Sikap Toleransi Melalui Model Pembelajaran Role Playing Di Kelas IV SD N 067257 Medan Amplas

Eridho, Azriel (Unknown)
Ridwanto (Unknown)
Hasanah (Unknown)
Angela Merinci Sinaga (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi siswa kelas IV SDN 067257 Medan Amplas melalui penerapan model pembelajaran role playing. Latar belakang penelitian ini berfokus pada kurangnya sikap toleransi terhadap perbedaan agama, budaya, dan pendapat di kalangan siswa. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini mengimplementasikan siklus pembelajaran untuk melihat perubahan sikap siswa. Data diperoleh melalui observasi dan penilaian sikap toleransi siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model role playing, terdapat peningkatan signifikan dalam sikap toleransi siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 2-3 pada pra-tindakan menjadi 4 pada siklus kedua. Dengan demikian, pembelajaran role playing terbukti efektif dalam meningkatkan sikap toleransi siswa terhadap perbedaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...