Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi Card Sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 3 Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode konvensional (ceramah) menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa, ditandai dengan sikap pasif, ketidakteraturan mengerjakan tugas, dan hasil belajar di bawah rata-rata. Penerapan strategi Card Sort terbukti meningkatkan partisipasi aktif siswa, antusiasme belajar, dan pemahaman materi. Data kuesioner menunjukkan 93% siswa menyukai metode ini, 86% lebih memahami materi, dan 90% merasa lebih kreatif dan termotivasi. Selain itu, strategi ini mendorong kolaborasi, kepercayaan diri, dan tanggung jawab siswa dalam pembelajaran. Kendala utama adalah keterbatasan waktu, namun secara keseluruhan, Card Sort efektif menciptakan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya inovasi strategi pembelajaran berbasis aktivitas siswa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar, khususnya dalam pendidikan agama Islam.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025