Perkembangan teknologi dan informasi akan berdampak pada sendi sendi kehidupan manusia. Manusia membutuhkan kecakapan sesuai perkembangan jaman dan kemampuan untuk meminimalisasikan resiko akibat teknologi seperti pergeseran nilai karakter dan kerusakan lingkungan. Pendidikan menjadi garda terdepan dalam mewujudkan hal tersebut. Dibutuhkan pola pembelajaran yang menyeimbangkan pendidikan soft skill, hard skill dan environment skill dalam satu kesatuan. Penelitian ini yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan desain model pembelajaran SHESIL yaitu pembelajaran yang mengintegrasikan soft skill, hard skill dan environment skill dalam satu kesatuan. Berdasarkan uji validitas ahli, model pembelajaran SHESIL memiliki tingkat keval_idan yang baik dan layak digunakan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan menunjukan bahwa ada peningkatan pada penilaian soft skill, hard skill dan environment skill. Penilaian keseluruhan aspek dari soft skill, hard skill dan environment skill terhadap peningkatan kecakapan otomotif menunjukan (11,56 dan nilai Zo = -1,68) sehingga disimpulkan model pembelajaran SHESIL efektif meningkatkan kecakapan otomotif siswa SMK. Penerapan model pembelajaran SHESIL menjadi alternatif pilihan dalam membantu guru untuk menanamkan pendidikan soft skill dan kesadaran lingkungan sesuai tujuan pembelajaran di SMK.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025