Penelitian ini bertujuan yakni untuk melihat apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Archievement Division) terhadap hasil belajar Matematika Berbantuan Media Kartu kelas V di gugus 1 botolinggo kabupaten bondowoso Tahun 2024. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian post-test only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Botolinggo 1dan SDN Botolinggo 2 kecamatan botolinggo, kabupaten bondowoso pada ajaran tahun 2023/2024 sebanyak 31 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probality Sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dari teknik tersebut kelas V SDN Botolinggo 1 yang terdiri dari 16  sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dan kelas V SDN Botolinggo 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan  model pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang telah di dapatkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Archievement Division)  yaitu 77,8125 dan nilai rata-rata menggunakan model pembelajaran Konvensional yaitu 62,66667. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-T, Dari hasil perhitungan uji-t  di peroleh Thitung = 2,572229 serta Ttabel (pada taraf signifikan (α) = 0,05 dengan derajat kebebasan 30) adalah 2,04523. Dari data tersebut dapat disimpulkan  thitung > ttabel, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis tersebut, maka dapat disimpilkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Archievement Division) lebih berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V di gugus 1 kecamatan botolinggo kabupaten bondowoso.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024