Kasus bullying di lembaga pendidikan dasar telah menjadi perhatian serius di kalangan masyarakat dan pendidik, termasuk di MI Islamiyah Wiroditan Bojong. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk perilaku bullying, penyebabnya, karakteristik pelaku dan korban, serta dampak psikologis yang ditimbulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 21 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying di MI Islamiyah Wiroditan Bojong meliputi bullying fisik, verbal, dan psikologis. Pelaku bullying umumnya memiliki karakteristik dominan, kurang empati, dan berasal dari lingkungan keluarga yang permisif, sedangkan korban cenderung lebih lemah, pendiam, yang dianggap berbeda oleh pelaku. Dampak psikologis yang ditimbulkan berupa kecemasan, rendahnya rasa percaya diri, hingga depresi. Upaya pencegahan dilakukan melalui pendekatan psikologi, baik terhadap pelaku maupun korban, dengan tujuan untuk mengurangi kasus bullying serta memberikan dukungan emosional bagi korban. Dengan pendekatan psikologis yang tepat, kasus bullying dapat diminimalisir, menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025