Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Ampenan melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar 5E. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika, dimana hanya 20% siswa yang mencapai KKM. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melibatkan 30 siswa dan guru kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan berpikir analitis dan fokus terhadap konsep inti matematika. Implementasi model 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration) mendorong keterlibatan aktif siswa, meningkatkan pemahaman konsep, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Penggunaan media konkret seperti alat peraga nyata juga terbukti membantu dalam memperjelas konsep abstrak matematika. Penelitian ini merekomendasikan penerapan konsisten model 5E dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Copyrights © 2025