Dalam kajian Adab Menuntut Ilmu, kita mengeksplorasi tentang etika yang diperlukan dalam menuntut ilmu berdasarkan al-Qur’an. Etika ini membantu manusia untuk beradab dan berilmu secara seimbang. Beranjak dari hal tersebut maka dalam penelitian ini penulis ingin menganalisis materi adab dalam menuntut ilmu dalam pembelajaran al-qur’an Hadist di madrasah aliyah. Adapun metode penelitian yang di gunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan konten analisis, sumber utama nya ialah buku al-qur’an hadist yang di terbitkan kementrian agama republik Indonesia. Setelah melakukan analisis yang mendalam dapat penulis temukan struktur dari materi al-qur’an hadist di madrasah aliyah terkait adab menuntut ilmu terdiri dari tiga sub tema. Ketiga subtema tersebut yakni: i) Memahami isi kandungan ayat al-Qur’an tentang adab menuntut ilmu, ii) Memahami isi kandungan hadist tentang adab menuntut ilmu, iii) Mengetahui perilaku orang yang memahami adab menuntut ilmu. Kedepannya penulis berharap penelitian ini membawa dampak yang positif nya yaitu untuk mengungkap tentang konsep ilmu dan adab menuntut ilmu, terutama di madrasah sebagai lembaga pendidikan formal dengan ciri khas menanamkan nilai-nilai islam kepada peserta didik.
Copyrights © 2024