Pembelajaran IPA berbasis lingkungan efektif terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penggunaan media belajar secara tepat (bijak) dapat membantu dalam pembelajaran IPA berbasis lingkungan. Sumber belajar yang digunakan dapat berbantuan media belajar alami (belajar langsung dengan alam) maupun berupa media belajar artifisial (belajar melalui perantara alat atau teknologi). Desain penelitian berupa tinjauan pustaka terhadap artikel yang terbit pada periode 2021 sampai April 2025. Hasil yang diperoleh bahwa terdapat 27 artikel mengenai pembelajaran IPA berbasis lingkungan. Media belajar alami meliputi lingkungan alam seperti taman sekolah, greenhouse, tempat wisata, adat-istiadat atau budaya dan siswa dibawa langsung serta belajar langsung dengan lingkungan sekelilingnya. Media belajar artifisial adalah media produk teknologi atau lainnya seperti lembar kerja, modul, buku, majalah, komik baik elektronik maupun non elektronik, website, augmented reality dan virtual reality, yang mana semua produk tersebut kontennya dapat mengadopsi dari kehidupan nyata (media alami). Berdasarkan analisis SWOT, terdapat kelemahan baik sumber belajar berbantuan media alami maupun buatan.
Copyrights © 2025