Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025

Efektivitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Terhadap Penguasaan Teknik Pivot Pada Permainan Bola Basket

Yoga, I Komang Indra Agastya Ananta (Unknown)
Hita, I Putu Agus Dharma (Unknown)
Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan penguasaan teknik pivot pada permainan bola basket. Metode yang digunakan adalah studi kajian literatur dengan menelaah 20 artikel ilmiah yang dipublikasikan pada periode 2015–2024 melalui Google Scholar, ResearchGate, dan repositori jurnal nasional. Literatur yang dipilih memenuhi kriteria inklusi berupa relevansi topik, kredibilitas sumber, serta keterkaitan langsung dengan pembelajaran kooperatif dan keterampilan pivot. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan teknik pivot, baik melalui pengulangan latihan maupun melalui interaksi sosial antar siswa. Pendekatan ini menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif, kontekstual, dan partisipatif sehingga mampu meningkatkan motivasi, rasa percaya diri, serta kerja sama tim. Selain penguasaan teknis, strategi ini juga mendukung pembentukan karakter disiplin, tanggung jawab, dan sportivitas peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran kooperatif dapat dipandang sebagai pendekatan yang holistik dan efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik dasar sekaligus nilai-nilai pendidikan karakter dalam pendidikan jasmani.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...