Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 3 No. 8 (2025): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2025

Pengaruh Latihan Berbasis Game Terhadap Penguasaan Taktik Permainan Bola Basket Pada Anak Sekolah Dasar

Jayanti, Ni Putu Sinta Putri (Unknown)
Hita, I Putu Agus Dharma (Unknown)
Mahotama, Ida Bagus Gede Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh latihan berbasis game terhadap penguasaan taktik permainan bola basket pada siswa sekolah dasar. Kajian dilakukan melalui metode studi literatur dengan menganalisis artikel dan jurnal ilmiah yang relevan, diperoleh dari basis data seperti Google Scholar, ResearchGate, dan ScienceDirect. Literatur dipilih berdasarkan kriteria inklusi seperti relevansi topik, fokus pada anak usia sekolah dasar, dan validitas sumber, kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi temuan, metode, dan faktor yang memengaruhi efektivitas latihan berbasis game. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif meningkatkan pemahaman taktik seperti pergerakan tanpa bola, pemilihan posisi, dan kerja sama tim. Selain itu, latihan berbasis game juga berkontribusi pada peningkatan keterampilan teknis, kepercayaan diri, motivasi, dan kemampuan pengambilan keputusan cepat. Efektivitasnya dipengaruhi oleh usia, tingkat kemampuan, dan kualitas bimbingan pelatih, sehingga program latihan perlu disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Temuan ini menegaskan bahwa latihan berbasis game merupakan strategi potensial untuk mengoptimalkan pembelajaran taktik bola basket di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...