JURNAL VOKASI TEKNIK (JUVOTEK)
Vol 3 No 2 (2025): JURNAL VOKASI TEKNIK (JUVOTEK)

Rancang Bangun Sistem Informasi Absensi Siswa Menggunakan Metode Extreme Programming Berbasis Web (Studi Kasus : SDN 007 Samarinda)

Erviandi Akbar, Muhammad (Unknown)
Hartanto, Subhan (Unknown)
Topadang, Anton (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem informasi absensi siswa berbasis web dengan menggunakan metode Extreme Programming (XP), dengan fokus pada studi kasus di SDN 007 Samarinda. Latar belakang dari penelitian ini berawal dari masalah yang sering terjadi dalam proses absensi manual, seperti kesalahan dalam pencatatan, kehilangan data, serta waktu yang lama dalam pengolahan data. Sistem absensi yang dikembangkan diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut dan meningkatkan efisiensi serta akurasi dalam pencatatan dan pengelolaan data absensi siswa. Metode Extreme Programming dipilih dalam penelitian ini karena dapat mendukung pengembangan sistem yang fleksibel terhadap perubahan dan meningkatkan kualitas produk melalui iterasi cepat serta pengujian berkelanjutan. Sistem yang dihasilkan dirancang untuk mudah digunakan, responsif, serta dapat diakses melalui berbagai perangkat, sehingga mampu meminimalisir kesalahan dalam pencatatan kehadiran siswa. Dengan demikian, sistem ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi data absensi dan mempermudah proses pengelolaan data kehadiran siswa di sekolah dengan cara yang lebih efisien dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juvotek

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Vokasi Teknik memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu bidang teknik. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah : 1. Teknik Kimia 2. Teknik Mesin 3. Teknik Elektro 4. Teknik Informatika 5. Teknik ...