Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media wordwall dalam meningkatkan keaksaraan awal mengenal huruf di TKIT Tsabita Bogor. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan observasi terhadap siswa, ditemukan bahwa penggunaan media pembelajaran inovatif masih kurang dan siswa terlihat pasif serta kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini menggunakan model ASSURE yang diintegrasikan dengan model Borg and Gall. Sampel penelitian ini terdiri dari 15 siswa kelas B di TKIT Tsabita Bogor. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan N-Gain. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes unjuk kerja. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil uji kelayakan dari ahli materi diperoleh angka sebesar 98%, ahli desain instruksional 98%, ahli desain media sebesar 89%. Hasil pengujian efektivitas menggunakan rumus N-Gain Score, didapat hasil sebesar 0,86 dengan kategori tinggi dan konversi tingkat pencapaian adalah cukup efektif. dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media wordwall berbasis game edukasi untuk meningkatkan keaksaraan awal mengenal huruf anak usia 5-6 tahun TKIT Tsabita Bogor sangat layak dan efektif untuk digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025