Varied Knowledge Journal
Vol. 2 No. 1: Varied Knowledge Journal, August 2024

Analisis Peran Mitos Dalam Pendidikan Karakter Masyarakat: Studi Kualitatif Deskriptif

Patty, Elyakim Nova Supriyedi (Unknown)
Iriyani, Sri Astuti (Unknown)
Anggerain, Nining (Unknown)
Aranbi, Muhammad Defa (Unknown)
Sauri, Sovian (Unknown)
Imanuel, Yohanes (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Mitos memiliki peran penting dalam membentuk perilaku sosial dan moral masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran mitos dalam pendidikan masyarakat di Flores, Lombok Barat, dan Lombok Utara, serta menggali potensi mitos sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dengan berbagai tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuka adat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mitos, seperti larangan keluar pada waktu maghrib dan larangan makan di depan pintu, memiliki dampak signifikan dalam menanamkan nilai-nilai moral dan disiplin pada masyarakat. Analisis menunjukkan bahwa mitos-mitos tersebut berperan dalam mengajarkan etika, menjaga keselamatan, dan menghormati waktu. Novelty penelitian ini terletak pada penghubungan mitos dengan teori pendidikan, seperti behavioristik dan konstruktivisme, yang menunjukkan bahwa mitos dapat menjadi media efektif dalam membentuk perilaku dan karakter positif. Dengan demikian, mitos dapat diintegrasikan dalam pendidikan formal dan non-formal untuk memperkuat pemahaman siswa tentang nilai-nilai budaya lokal

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

vkj

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Varied Knowledge Journal (VKJ) is a multidisciplinary journal publish 4 issues a year with online version of E-ISSN 3026-5371 and can be accessed openly. This journal is a peer reviewed, open access, scientific and scholarly journal which publishes research papers, review papers, case reports, case ...