Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 23 No 1 (2023)

Perkembangan Sosial Tokoh Anna dalam Film “When Marnie Was There”: Perspektif Psikososial

Yarno, Yarno (Unknown)
Effendy, Zindagi Mahara (Unknown)
Subargo, Yopi Lutfi (Unknown)
Santoso, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Film dapat dijadikan sebagai media komunikasi untuk menyampaikan pesan dalam bentuk visual. Terdapat makna substantif yang dapat dieksplorasi pada setiap sekuel adegan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tahapan perkembangan sosial yang dialami oleh tokoh utama, Anna dalam film animasi berjudul “When Marnie was There” menggunakan pendekatan psikososial dengan teori Psikososial Erik Erikson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif naratif dengan unit kajiannya berupa performansi adegan yang memiliki keterkaitan dengan konteks psikis dan sosial tokoh utama. Teknik pengumpulan data didapat dengan cara menyimak keseluruhan adegan, menglasifikasikan adegan yang berhubungan konteks psikis dan sosial, menganalisis data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama Anna telah melewati empat tahapan perkembangan sosial yaitu: 1) tahapan kepercayaan vs kecurigaan, 2) Otonomi vs perasaan malu, 3) Inisiatif vs kesalahan, dan 4) Kerajinan vs inferioritas.Kata Kunci: Perkembangan sosial, psikososial, When Marnie was There

Copyrights © 2023