Penelitian ini meneliti relevansi pemikiran Az-Zarnuji dalam pendidikan modern melalui kajian literatur terhadap kitab Ta’lim al-Muta’allim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian pustaka (library research). Hasilnya menunjukkan bahwa prinsip-prinsip seperti penanaman nilai karakter Islami (tauhid, ihsan, syukur, tawakal, kesabaran, keadilan, dan kerendahan hati), hubungan harmonis antara guru dan murid, serta metode pembelajaran aktif seperti diskusi dan penalaran tetap relevan. Prinsip pendidikan yang berorientasi pada nilai dan etika moral ini dapat memperkuat pendekatan holistik dan pendidikan berbasis karakter di era kontemporer. Kritikan terhadap larangan mempelajari ilmu tertentu sebaiknya dikontekstualisasi ulang sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan zaman. Pemikiran Az-Zarnuji mampu menjadi dasar dalam pengembangan sistem pendidikan yang menggabungkan nilai spiritual dan intelektual secara seimbang.
Copyrights © 2025