Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan
Vol. 9 No. 02 (2025): Tarbiyah Darussalam : Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan

Sejarah Pendidikan Islam Masa Kontemporer di Indonesia

Regina Yustisia (Unknown)
Amrullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan, terutama pada masa kontemporer. Sejarahnya bermula dari kedatangan Islam di Indonesia pada abad ke-13 yang diikuti dengan pendirian pesantren sebagai pusat pendidikan agama. Pendidikan Islam terus berkembang meskipun menghadapi tantangan besar pada masa kolonialisme Belanda, yang membatasi akses pendidikan agama bagi umat Islam. Setelah kemerdekaan, pendidikan Islam diintegrasikan dengan sistem pendidikan nasional melalui kebijakan pemerintah, dan pada era kontemporer, pendidikan Islam terus bertransformasi dengan adanya penerapan Kurikulum 2013 yang menggabungkan pendidikan agama dengan pendidikan umum. Namun, tantangan besar masih ada, seperti kesenjangan kualitas pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan, keterbatasan tenaga pengajar, serta adaptasi terhadap teknologi dan globalisasi. Pesantren tetap berperan penting dalam sistem pendidikan Islam, mengajarkan ilmu agama sekaligus keterampilan praktis untuk mempersiapkan santri menghadapi tantangan dunia modern. Melalui kebijakan yang lebih inklusif dan peningkatan kualitas tenaga pendidik, diharapkan pendidikan Islam dapat terus berkembang dan berkontribusi pada pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika pendidikan Islam di Indonesia pada masa kontemporer serta tantangan dan peluang yang dihadapinya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tarbiyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

This journal publishes the results of research related to focuses on Education such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research ...