Pendidikan yang berkualitas memerlukan pengendalian mutu yang melibatkan pengawasan terhadap berbagai aspek proses pendidikan, terutama dalam pengajaran yang dipimpin oleh kepala sekolah sebagai pemandu. Kepala sekolah memiliki peran multifungsi, termasuk sebagai pengawas yang bertanggung jawab atas kegiatan sekolah dan pengembangan profesional guru bimbingan dan konseling (BK). Namun, layanan BK di sekolah masih menghadapi tantangan yang signifikan, sehingga penting bagi kepala sekolah untuk berperan aktif dalam supervisi guna meningkatkan profesionalisme guru BK. Melalui studi literatur, penelitian ini bertujuan menyoroti efetivitas supervisi bimbingan dan konseling dalam memperkuat kompetensi konselor dan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan. Meskipun ada peningkatan kinerja guru BK setelah mengikuti program supervisi, hasilnya menunjukkan adanya ruang untuk pengembangan lebih lanjut. Untuk itu, kolaborasi antara pemangku kepentingan diharapkan dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik, mendukung pertumbuhan profesionalisme guru BK, dan memastikan siswa menerima layanan yang berkualitas. Penelitian ini menekankan perlunya evaluasi dan pengembangan program supervisi untuk mencapai hasil yang optimal dalam pendidikan.
Copyrights © 2025