Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Positivisme hingga Postmodernisme: Relevansi Aliran Filsafat Ilmu dalam Menjawab Problematika Pendidikan di Indonesia

Rizal, A. (Unknown)
Sinring, Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2025

Abstract

Artikel ini membahas relevansi tiga aliran filsafat ilmu positivisme, post-positivisme, dan postmodernisme dalam menjawab problematika pendidikan di Indonesia, khususnya pada konteks implementasi Kurikulum Merdeka, digitalisasi pembelajaran, dan tantangan era Society 5.0. Penelitian menggunakan metode kajian literatur dengan menelaah artikel, buku, dan laporan penelitian terbitan 2020–2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa positivisme memberikan landasan bagi pendidikan berbasis data, capaian terukur, dan asesmen autentik, sebagaimana tercermin pada indikator capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka. Namun, pendekatan ini cenderung reduktif karena mengabaikan nilai humanistik dan konteks sosial budaya. Post-positivisme hadir sebagai koreksi dengan menekankan pluralitas realitas, integrasi nilai, serta pentingnya asesmen kualitatif, yang tampak pada dimensi Profil Pelajar Pancasila. Sementara itu, postmodernisme menawarkan kerangka baru yang menekankan pluralitas, inklusivitas, serta pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran yang lebih personal dan kontekstual. Paradigma ini tampak pada praktik pembelajaran berdiferensiasi, integrasi kearifan lokal, dan literasi digital. Sintesis ketiga paradigma tersebut membentuk model pendidikan yang ilmiah, humanis, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi sekaligus tetap berakar pada nilai-nilai Pancasila. Dengan demikian, integrasi filsafat ilmu dalam pendidikan tidak hanya penting secara teoretis, tetapi juga esensial bagi praktik pendidikan yang relevan di era globalisasi dan digitalisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...