Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja pada Guru SMA Negeri 3 Manado

Maliangkay, Agnes T. (Unknown)
Tiwa, Tellma M. (Unknown)
Sengkey, Stevi B. (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2025

Abstract

Kepuasan Kerja guru merupakan salah satu faktor penting dalam menentukkan kualitas pendidikan di sekolah. Salah satu variabel yang berperan dalam membentuk kepuasan kerja adalah motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi kerja Terhadap kepuasan Kerja pada Guru Sma negeri 3 Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 70 orang. Pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner. Berdasarkan hasil analisis data t yakni (7,098) dengan nilai signifikansi (0,000) (p<0,05) dimana terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dan kepuasan kerja. Kemudian melalui uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square atau koefesiien determinasi bernilai 0,426 artinya Motivasi Kerja memberikan sumbangan pengaruh sebesar 42,6% pada Kepuasan Kerja pada Guru Sma Negeri 3 Manado. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat Motivasi Kerja yang dirasakan oleh para Guru maka semakin tinggi juga tingkat Kepuasan Kerja yang dirasakan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...