Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Analisis Pengaruh Permintaan, Penawarn dan Harga terhadap Perekonomian Indonesia

Hidayaty, Nurhayan (Unknown)
Ma’fufah, Eva (Unknown)
Zefriyenni, Zefriyenni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menelaah keterkaitan antara permintaan, penawaran, dan harga terhadap perekonomian Indonesia melalui pendekatan literature review atas sepuluh jurnal relevan. Fokus kajian diarahkan pada peran mekanisme pasar dalam pembentukan harga dan implikasinya terhadap stabilitas ekonomi nasional. Hasil analisis menunjukkan bahwa keseimbangan antara permintaan dan penawaran menjadi penentu utama harga pasar yang adil, menjaga daya beli, dan memastikan distribusi sumber daya yang optimal. Ketidakseimbangan pasar, yang dipicu oleh faktor internal seperti kapasitas produksi maupun eksternal seperti gejolak harga global, berpotensi menimbulkan inflasi, menurunkan kesejahteraan, dan memperlambat pertumbuhan ekonomi. Berbagai studi menekankan pentingnya intervensi pemerintah melalui kebijakan subsidi, pengawasan distribusi, serta pemanfaatan teknologi digital dalam menstabilkan harga. Komoditas strategis, terutama pangan, energi, dan hasil agribisnis, memiliki pengaruh besar terhadap ketahanan ekonomi nasional. Kajian ini menegaskan bahwa pemahaman mendalam terhadap dinamika permintaan, penawaran, dan harga sangat penting untuk penyusunan kebijakan publik dan strategi bisnis yang adaptif, mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...