Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Pengaruh Pola Asuh Permisif terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA Negeri 1 Tomohon

Lowing, Della (Unknown)
Tiwa, Tellma M. (Unknown)
Kaunang, Sinta E.J. (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Dalam dunia akademik, siswa diharapkan dapat mengerjakan berbagai tugas yang diberikan oleh guru. Dengan berbagai aktivitas dan prioritas yang dimiliki, siswa berpotensi menimbulkan prokrastinasi akademik. Dampak dari prokrastinasi akademik dapat menyebabkan siswa terlambat dalam menyelesaikan studinya. Salah satu faktor yang memengaruhi prokrastinasi akademik adalah pola asuh orang tua permisif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh permisif terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tomohon. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh permisif dan prokrastinasi akademik, dengan kontribusi sebesar 8,4% (R-squared = 0,084). Koefisien regresi sebesar 0,324 menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan dalam pola asuh permisif akan diikuti dengan peningkatan sebesar 0,324 pada prokrastinasi akademik. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti semakin tinggi tingkat pola asuh permisif, semakin tinggi pula tingkat prokrastinasi akademik siswa. Meskipun kontribusinya tergolong rendah, pola asuh permisif tetap menjadi salah satu faktor yang memengaruhi prokrastinasi akademik siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...