Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu
Vol. 5 No. 2 (2025): Juli - Desember 2025

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi melalui Tes Three-Tier Berbasis Indikator HOTS Brookhart pada Pembelajaran IPA SMP Materi Ekologi

Huda, Putriani Chayati (Unknown)
Widiyanto , Bayu (Unknown)
Hayati , Muriani Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2025

Abstract

Urgensi dalam penelitian ini yaitu tuntutan kurikulum abad ke-21 yang menekankan pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa SMP pada materi ekologi menggunakan tes three-tier berbasis indikator HOTS Brookhart. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yakni kelas yang sedang atau pernah mempelajari materi ekologi. Hasilnya, sampel penelitian terdiri dari 62 siswa kelas VII A dan VII B SMP N 9 Tegal. Penelitian dilaksanakan pada semester genap, dari tanggal 9 hingga 20 Mei 2025Instrumen tes three-tier divalidasi dengan validitas konten (93,1%), psikometrik (89,1%), dan empiris, menghasilkan 15 butir soal valid. Data dianalisis menggunakan SPSS 26 dan Microsoft Excel. Hasil menunjukkan 48,60% siswa mencapai kategori cukup baik, dengan rata-rata pencapaian HOTS 84,03%, tertinggi pada indikator evaluasi (87,9%) dan terendah pada analisis (77,3%). Miskonsepsi terjadi pada 24,4% siswa, terutama pada daur biogeokimia. Tes three-tier efektif mengukur HOTS dan mendeteksi miskonsepsi, mendukung peningkatan kualitas penilaian di SMP.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal PELITA atau Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu  merupakan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Pelita menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Pembelajaran IPA Terpadu pada pendidikan dasar, ...