Urgensi dalam penelitian ini yaitu tuntutan kurikulum abad ke-21 yang menekankan pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa SMP pada materi ekologi menggunakan tes three-tier berbasis indikator HOTS Brookhart. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yakni kelas yang sedang atau pernah mempelajari materi ekologi. Hasilnya, sampel penelitian terdiri dari 62 siswa kelas VII A dan VII B SMP N 9 Tegal. Penelitian dilaksanakan pada semester genap, dari tanggal 9 hingga 20 Mei 2025Instrumen tes three-tier divalidasi dengan validitas konten (93,1%), psikometrik (89,1%), dan empiris, menghasilkan 15 butir soal valid. Data dianalisis menggunakan SPSS 26 dan Microsoft Excel. Hasil menunjukkan 48,60% siswa mencapai kategori cukup baik, dengan rata-rata pencapaian HOTS 84,03%, tertinggi pada indikator evaluasi (87,9%) dan terendah pada analisis (77,3%). Miskonsepsi terjadi pada 24,4% siswa, terutama pada daur biogeokimia. Tes three-tier efektif mengukur HOTS dan mendeteksi miskonsepsi, mendukung peningkatan kualitas penilaian di SMP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025