Manajemen sumber daya manusia adalah segala upaya konkret yang mencakup perencanaan, organisasi, koordinasi, pelaksanaan, dan pemantauan terhadap semua kegiatan yang terkait dengan pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, atau pemisahan karyawan dengan tujuan mencapai sasaran tertentu. Manajemen sumber daya manusia di sekolah penting dilaksanakan agar sumber daya manusia dalam hal ini adalah guru, dapat terorganisir sehingga terbentuk SDM yang unggul. Hal ini dalam rangka mewujudkan guru yang memiliki kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge harus memaksimalkan sumber daya manusia yang terdapat di sekolah. Maka dari itu, penelitian ini bermaksud untuk menggali secara lebih mendalam mengenai peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kompetensi TPACK Guru di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Pada penelitian ini, penulis menerapkan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif pada penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan dan Menguraikan temuan atau fenomena dan menyajikannya sesuai dengan apa adanya, mengacu pada fakta atau hasil temuan di lapangan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini berupa teks wawancara yang dilakukan oleh dua narasumber yang mana adalah salah satu guru mata pelajaran dan waka kurikulum dan SDM. Berdasarkan penelitian ini, didapatkan bahwa peran manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kompetensi TPACK guru di SMA Negeri 9 Yogyakarta yang telah dikendalikan oleh waka kurikulum dan SDM sudah berperan dengan baik. Hal tersebut dapat diamati dari pencapaian tujuan dari manajemen sumber daya manusia yang telah dirancang.
Copyrights © 2024