JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 5 No. 1 (2024): (JUNI 2024) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Pokdarwis di Desa Wisata Ngrombo, Baki, Sukoharjo

Noviana, Renzi (Unknown)
Hidayat, Muhammad Ariyan (Unknown)
Nurvianti, Desi (Unknown)
Hijriyanti, Fatlina (Unknown)
Astika, Fina Aulia (Unknown)
Anggarini, Khusnul Widya (Unknown)
Halimah, Lia Nur (Unknown)
Purwanto, Danang (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2024

Abstract

Pemberdayaan merupakan proses pengembangan kemandirian masyarakat. Desa Ngrombo, Kec. Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah adalah salah satu desa pemberdayaan yang memiliki beberapa potensi desa wisata untuk menjadi pengembangan industri taraf UMKM. Lembaga yang mengurus desa wisata Ngrombo disebut dengan Pokdarwis Ngrombo Kuncoro. Potensi Desa Ngrombo, meliputi kerajinan gitar, alam, budaya, dan kuliner. Kerangka kerja dari adanya pemberdayaan masyarakat di Desa Ngrombo dapat dianalisis menggunakan Teori ACTORS (Authority, Confidence and Competence, Trust, Opportunities, Responsibilities, and Support). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan kinerja Pokdarwis di Desa Ngrombo. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa sudah cukup terfokus dimana pelaku pemberdayaan telah menunjukkan kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa strategi yang dilakukan, meliputi penumbuhan kesadaran di masyarakat, adanya pemetaan potensi desa, pelatihan masyarakat, kolaborasi dengan pihak luar, dan pemasaran wisata. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan pemberdayaan perlu adanya kesadaran, motivasi, dan kebijaksanaan dari pemerintah untuk menggerakkan program pemberdayaan kearah lebih maju.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...