Ecoprint sebagai suatu teknik pewarnaan alami yang menggunakan bagian-bagian tumbuhan seperti daun, bunga, maupun kulit kayu yang digunakan untuk mencetak pola pada media kain atau kertas. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematis yang membahas kerelevansian proyek ecoprint dengan pembelajaran berbasis proyek, Project Based-Learning (PjBL) dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menawarkan kontribusi baru dengan menggunakan artikel atau jurnal publikasi tahun 2022-2024, yang bertujuan untuk meninjau secara kritis dan komprehensif beberapa penelitian yang sudah ada terkait implementasi pembelajaran berbasis proyek melalui kegiatan membatik melalui teknik ecoprint dengan subjek siswa sekolah dasar. Dari beberapa artikel atau jurnal penelitian yang terpilih, penulis menemukan beberapa cakupan mengenai tujuan kegiatan, kerelevansian kegiatan dengan mata pelajaran, serta hasil akhir atau umpan balik dari kegiatan. Masalah umum yang sering muncul pada artikel-artikel tersebut adalah tidak adanya aspek keberlanjutan. Banyak peneliti yang lebih memfokuskan pada teori, langkah-langkah, serta hasil akhir dari proyek ecoprint yang dipresentasikan atau dilaporkan. Setelah pelaksanaan dan pelaporan kegiatan selesai dilakukan, hal yang mungkin memengaruhi siswa adalah timbulnya ketidakkonsistenan dalam keterampilan berkelanjutan, pembiasaan pola pikir dalam kehidupan sehari-hari atau hanya menjadi pengalaman sesaat. Hasil dari penelitian tinjauan literatur ini memberikan rekomendasi penting untuk mengintegrasikan aspek keberlanjutan dalam implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek di pendidikan dasar sehingga dapat memperkuat dampak positif dari proyek ecoprint pada pembelajaran siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan keterlibatan siswa dan pemahaman tentang isu-isu lingkungan serta efektivitas dari pembelajaran berbasis proyek.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024